Pengolahan Sumber Daya Berkelanjutan

Sumber daya alam merupakan hal yang penting di bumi, tetapi manusia saat ini sedikit demi sedikit telah merusak alam ini. memang sedikit dan perlahan, tetapi suatu saat pasti akan hancur. Contoh yang dapat diambil adalah praktek illegal logging. Bibit pohon yang akan menumbuhkan generasi barunya habis ditebang tanpa memikirkan efek lebih lanjutnya. dan juga eksploitasi laut dan penangkapan ikan dengan bahan kimia yang dapat merusak vegetasi laut.

Apa akibat dari tindakan tindakan yang tidak bertanggung jawab itu ? tentu dengan illegal logging akan mengakibatkan banjir. pohon pohon yang berguna akan menjadi langka karena tidak ada regenerasi. Ekosistem laut dapat menjadi tidak seimbang akibat eksploitasi berlebihan. dan apabila tumbuhan terus ditebang dan jumlahnya semakin sedikit, bumi akan memanas.

Kita sebagai makhluk dibumi yang membutuhkan sumber daya alam hendaknya segera mengambil tindakan. Contoh tindakan yang dapat dilakukan adalah reboisasi, dengan satu orang wajib menanam satu pohon, pengolahan limbah pabrik, dan melakukan daur ulang. Setidaknya harus masih ada manusia yang peduli dengan kerusakan alamnya sendiri

 

Sumber video : http://www.youtube.com/watch?v=Ud_T-cuaTXw

penulis : Adi Putra Arianto

Leave a comment