HAKEKAT MANUSIA

 

  1. 1.       Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh

Tubuh adalah materi yg dapat dilihat, diraba, dirasa, konkrit tapi tidak abadi. Jiwa terdapat dalam tubuh, tidak dpt diraba, abstrak tapi abadi.

  1. 2.       Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna

 

Kesempurnaan terletak pada adat dan budayanya, karena diberi akal, perasaan, dan kehendak

  1. 3.       Makhluk hayati dan budayawi

Dari segi hayati, manusia dapat dipelajari dari anatomi, fisiologi, psikologi, biokimia, psikobiologi, patologi, genetika, bio demografi, evolusi biologis, dsb. Sedangkan dari segi budayawi, manusia dapat dipelajari dari kemasyarakatan, kekerabatan, psikologi social, kesenian, ekonomi, perkakas, bahasa, dsb

  1. 4.       Makhluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karenakemampuan bekerja dan berkarya.

Hidup manusia terbagi menjadi 3 taraf, yaitu estetis, etis, dan religious.dengan kehidupan estetis, manusia dapat menangkap dunia sekitarnya sebagai dunia yang mengagumkan dan mengungkapkan karya kembali dalam lukisan, tarian, nyanyian yang indah. Dengan etis, manusia meningkatkan kehidupan estetis kedalam tingkatan manusiawi dalam bentuk-bentuk keputusan bebas dan dipertanggungjawabkan. Dalam kehidupan religious, manusia menghayati pertemuannya dengan tuhan.

 

sumber : seri diktat kuliah MKDU ilmu sosial dasar universitas gunadarma

Leave a comment